Reader Comments

9 Khasiat Pull Up untuk Badan( Tidak Cuma Menguatkan Otot)

by Lintang Bumi Indonesia (2020-08-03)


Tidak hanya push up serta sit up, pull up merupakan gerakan berolahraga yang bawa khasiat untuk kesehatan badan. Apa saja khasiat pull up tersebut? Ikuti datanya berikut ini!

Apa Itu Pull Up?

Pull up merupakan gerakan berolahraga yang dicoba dengan metode menggelantungkan badan ke suatu medium tumpuan yang lumayan kokoh, semacam pull up bar yang memanglah didesain spesial buat melaksanakan gerakan ini. Setelah itu dengan memakai kedua tangan, badan dinaikan serta diturunkan secara berulang- ulang. Gerakan yang pastinya telah tidak asing lagi, bukan?

Pull up ialah wujud pastiguna latihan raga yang tujuan utamanya buat melatih kekuatan otot badan, paling utama otot di bagian tangan serta punggung. Hendak namun, terdapat beberapa khasiat yang lain yang dapat Kamu miliki dari gerakan ini apabila dicoba secara teratur.

Khasiat Pull Up untuk Kebugaran Tubuh

Gampang serta berguna, merupakan 2 alibi kenapa Kamu butuh melaksanakan kegiatan berolahraga yang satu ini. Berikut khasiat pull up yang butuh Kamu tahu.

1. Menguatkan Otot Punggung

Khasiat yang pertama—dan sangat utama—dari pull up merupakan buat menguatkan otot punggung. Bagian- bagian dari otot punggung yang dimakud merupakan bagaikan berikut:

Infraspinatus, merupakan otot punggung yang posisinya terdapat di tulang belikat.

Latissimus dorsi, merupakan otot punggung yang ukurannya sangat besar. Otot ini membentang dari punggung bagian tengah sampai ke dasar ketiak serta tulang belikat.

Trapezius, merupakan otot punggung yang lokasinya terletak di leher bagian balik sampai bahu.

Thoracic erector spinae, merupakan otot punggung yang terdiri dari 3( 3) otot serta membentang sejauh tulang balik.

2. Menguatkan Otot Lengan serta Bahu

Khasiat yang kedua dari melaksanakan gerakan berolahraga satu ini merupakan buat menguatkan otot- otot yang terdapat pada lengan serta bahu.

Perihal ini disebabkan gerakan tersebut berpusat pada kedua bagian badan tersebut. Jadi, Kamu yang mau membentuk serta menguatkan lengan serta bahu hendaknya mulai melaksanakan gerakan ini secara teratur mulai dari saat ini.

Di awal- awal, Kamu bisa jadi belum dapat mempraktikkan gerakan ini secara maksimal. Oleh karena itu, jangan terburu- buru serta jalani secara lambat- laun dalam durasi yang pendek. Bila telah mulai terbiasa, Kamu dapat menaikkan keseriusan latihannya.

3. Tingkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Tingkatkan kekuatan genggaman tangan jadi khasiat pull up yang ketiga dari kegiatan berolahraga simpel ini.

Itu sebab dikala melaksanakannya, bagian telapak tangan Kamu hendak menggenggam pull up bar dengan kuatnya guna menahan badan. Bila dicoba secara benar serta teratur, tingkatan kekuatan genggaman tangan Kamu tentu hendak meningkat.

Mempunyai genggaman tangan yang kokoh pasti jadi perihal yang lumayan bermanfaat, terlebih buat Kamu yang kerap melaksanakan aktivitas- aktivitas yang memerlukan kekuatan genggaman tangan semacam bermain golf, bulu tangkis, ataupun bawa beberapa barang berat.

4. Melindungi Kesehatan Tulang

Tidak hanya otot, gerakan berolahraga ini pula mempunyai khasiat buat melindungi kesehatan serta kekuatan tulang Kamu, lho!

Bagi beberapa riset, gerakan- gerakan berolahraga yang bertujuan buat melatih kekuatan semacam pull up ini pula efisien dalam menolong pertumbuhan tulang, juga melindungi supaya tulang senantiasa sehat serta kokoh.

Supaya khasiat pull up yang satu ini betul- betul terasa, jalani sebanyak 2- 3 kali dalam seminggu. Yakinkan pula buat melaksanakan gerakannya dengan benar guna menjauhi luka.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat pull up yang lain yang tidak kalah berarti merupakan buat menjaga kesehatan jantung serta meminimalisir organ kardiovaskular ini dari hadapi kendala kesehatan yang dapat mengecam keselamatan jiwa.

Perihal ini sebagaimana diungkapkan oleh suatu riset yang dicoba pada tahun 2012 silam. Bagi riset tersebut, tipe latihan semacam pull up bisa menolong mengatur tekanan darah, juga merendahkan kandungan kolesterol‘ jahat’. Sebagaimana dikenal, kedua aspek tersebut ialah faktor utama dari penyakit jantung.

6. Meminimalisir Perih Akibat Radang Sendi

Masih dari riset yang sama, gerakan pull up nyatanya pula efisien buat meminimalisir indikasi perih pada punggung bagian dasar yang mana rasa perih tersebut timbul bagaikan akibat dari penyakit arthritis ataupun radang sendi ataupun keadaan yang lain ialah fibromyalgia.

Hendak namun, khasiat pull up ini cuma hanya buat meredakan indikasi perih yang ditimbulkan. Sebaliknya penyembuhan radang arthritis serta fibromyalgia membutuhkan tata cara spesialnya sendiri.

7. Menghindari Diabetes

Melaksanakan pull up secara teratur pula diklaim bisa menolong Kamu terhindari dari tipe penyakit beresiko yang lain ialah diabet, spesialnya diabet jenis 2.

Sebaliknya apabila Kamu telah telanjur mengidap diabet jenis 2, hingga pull up menolong buat mengendalikan kandungan gula darah( glukosa) di dalam badan senantiasa sempurna.

Kendati demikian, hendaknya Kamu bertanya terlebih dulu dengan dokter saat sebelum memutuskan buat mempraktikkan gerakan berolahraga yang satu ini. Alasannya, terdapat keadaan di mana pengidap diabet tidak dapat melaksanakan pull up disebabkan malah bisa membahayakan diri.

8. Tingkatkan Kesehatan Mental

Suatu riset yang dicoba pada tahun 2010 berkata bila khasiat pull up—beserta berolahraga kekuatan lainnya—juga buat tingkatkan kesehatan mental, serta menolong seorang buat menanggulangi gangguan- gangguan mental semacam:

Cemas

Stres

Depresi

Rasa lelah

Kendati fakta ilmiah ini masih membutuhkan riset lebih lanjut, tetapi tidak terdapat salahnya Kamu melaksanakan pull up buat menolong meredakan tekanan pikiran serta kawan- kawannya tersebut.

9. Menaikkan Keyakinan Diri

Terakhir dari khasiat melaksanakan pull up secara teratur merupakan buat tingkatkan kepercayan diri Kamu.

Mempunyai badan yang atletis secara tidak langsung ikut membuat Kamu meningkat‘ pede’ buat tampak di muka universal, bukan?