Reader Comments

Keutamaan Kalibrasi Serta Faedah Kalibrasi Alat Ukur

by Lintang Bumi Indonesia (2020-07-12)


Kalibrasi dibutuhkan untuk pastikan jika hasil pengukuran yang dilaksanakan telah tepat. Hasil pengukuran yang tidak persisten akan berefek langsung pada kualitas produk.

Kalibrasi adalah proses pengecekkan serta penataan ketepatan dari alat ukur dengan memperbandingkan satu standard yang tertelusur dengan standard Nasional atau Internasional serta beberapa bahan referensi yang tersertifikasi.

Alat ukur yang termahal juga dapat juga rusak sebab minimnya ketepatan sesudah digunakan dalam periode waktu spesifik. Dilakukan kalibrasi alat ukur tidak cuma untuk penuhi salah satunya kriteria Skema Manajemen Kualitas, Skema Manajemen Lingkungan atau Skema Manajemen K3.

Walau sebenarnya faedah kalibrasi sebenarnya banyak, salah satunya :

1. Jamin nilai ukuran yang dibuat tertelusur.
Dengan mengkalibrasi alat ukur di laboratorium yang terakreditasi, karena itu hasil ukur bisa diterima dimana saja, sebab semua laboratorium kalibrasi akan merujuk pada sumber Jual Alat ukur kadar air bijian yang sama yakni Standard Unit Internasional.

2. Hindari cacat produk.
Bila alat ukur tidak di kalibrasi atau waktu kalibrasinya sudah melalui, tetapi masih di pakai untuk menghitung satu produk. Bagaimana bila rupanya ada penyelewengan yang besar? Tentu saja akan bikin rugi kan? Anda bisa singkirkan kecemasan ini dengan lakukan kalibrasi dengan cara periodik di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi!

3. Jaga situasi alat ukur supaya masih sesuai detailnya.
Alat ukur bisa alami pengurangan perform sesudah digunakan dalam periode waktu spesifik. Dengan lakukan kalibrasi dengan cara teratur, Anda bisa ketahui apa alat ukurnya masih sesuai detail atau harus diperbarui atau serta perlu untuk lakukan pergantian.

4. Hindari risiko bahaya serta Distributor alat pengukur murah meminimalkan kecelakaan kerja.
Bagaimana situasi penerangan di pabrik Anda? Bagaimana tingkat keributan dalam tempat kerja Anda? Tentu saja intensif sinar serta tingkat keributan perlu diukur kan? Nah, beberapa alat ukur yang terkait dengan Safety juga harus Anda kalibrasi dengan cara periodik, untuk keselamatan kerja.