Reader Comments

Tidak Tidur Terus Sejauh Malam Dapat Jadi Ciri Balita Cerdas

by Lintang Bumi Indonesia (2020-08-03)


Balita terbangun di malam hari merupakan perihal normal. Apalagi, kadangkala hingga mengajak bapak serta bundanya tidur sampai larut malam. Eits, tetapi Ibu ketahui enggak? balita yang tidurnya sedikit diucap pintar lho.

Bagi riset, kanak- kanak berbakat memerlukan waktu tidur yang lebih sedikit dibanding sahabat sebayanya. Profesor Peter Fleming dari University of Bristol, yang berspesialisasi dalam kesehatan serta pertumbuhan balita, bilang kalau kerap bangun dikala tidur berhubungan dengan tingkatan kecerdasan balita yang lebih besar serta kesehatan mental yang lebih baik.

" Tingkatan perkembangannya besar serta pencapaian intelektualnya baik," katanya" dilansir dari Happymummy.

Fleming menyadari dalam konsep modern balita wajib tidur tanpa kendala. Tetapi, dari sisi evolusi sangat natural bila balita kerap terbangun. Jadi, masuk ide bila balita tidak suka tidur sejauh malam.

" Balita manusia tidak dirancang buat tidur dalam waktu lama. Itu tidak baik buat mereka, serta sama sekali tidak terdapat fakta kalau terdapat khasiat untuk anak- anak yang tidur lebih lama secara tidak berubah- ubah," ungkap Fleming.

Ia berkata balita atau bayi suka tidur di siang hari serta sangat kerap bangun pada jam 6 sore sampai tengah malam.

" Sesungguhnya, secara biologis itu jadi keuntungan besar sebab anak hendak menemukan lebih banyak atensi dari penjaga utama mereka ialah orang tua pada waktu itu. Dibandingkan waktu lain di mana cuma terdapat sedikit waktunya bersama bapak serta bunda," tambah Fleming.

Sedangkan itu, Profesor Dacia F Narvaez, yang ialah dosen psikologi di Universitas Notre Dame, berkata tidak terdapat manusia baik berusia ataupun balita yang tidur berjam- jam di malam hari.

" Orang berusia pula tidak tidur sejauh malam, mereka cuma kurang ingat mereka bangun secara teratur," katanya.

Jika bagi dokter. Hari Martono, SpA dari RSPI, balita terbangun malam hari itu sangat normal. Umumnya, kala umur balita merambah 4- 6 bulan, tidur malamnya baru dapat tertib.

" Pola tidur kerap terbangun malam hari sebab balita lagi hadapi perkembangan otak,"