Adil, Muhammad. (2014). Dinamika pembauran hukum Islam di Palembang mengurai Isi Undang-Undang Simbur Cahaya. Nurani, 14(2), 57–76.
Akhmar, A. M., dan Syarifuddin. (2007). Mengungkap Kearifan Lingkungan Sulawesi Selatan. PPLH Regional Sulawesi, Maluku dan Papua, Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dan Masagena Press, Makasar.
Alimi, M, Y. (2014). Islam as Drama: Wedding Rites and theTheatricality of Islam in South Sulawesi. The Asia Pacific Journal of Anthropology, 15:3, 265-285, DOI: 10.1080/14442213.2014.915875.
Amin, M. A. (1986). Sejarah Kesultanan Palembang Darsussalam dan Beberapa Aspek Hukumnya, dalam Gajahnata dan Sri Edi Swasono, Masuk dan Berkembangnya Islam di Sumatera Selatan (ed), Jakarta: UI Press.
Anakotta, R, dkk (2019). Akulturasi masyarakat lokal dan pendatang di papua barat. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya. 1(21). 0.25077/jantro.v21.n1.p29-37.2019
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.
Cardon, P.(2016). Community, Culture,And Affordances InSocial Collaboration AndCommunication. International Journal Of Business Communication 2016, Vol. 53(2) 141– 147. Doi: 10.1177/2329488416635892.
Farida & Yunani. (2011). Undang-undang Simbur Cahaya sebagai sumber hukum di Kesultanan Palembang. In Seminar Antara Bangsa Perantauan Sumatera-Semenanjung Malaysia, Sabah dan Serawak. Pulau Pinang-Malaysia.
Fernandez, Veer,E & Lastovicka, J. (2011). The golden ties that bind: boundarycrossing in diasporic Hindu weddingritual. Journal Consumption Markets & Culture,14:3, 245-265.
Geertz. C. (1992). Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
Husna, A., Alfiandra.,& Waluyati, S., A. (2019). Analisis nilai-nilai dalam undang-undang simbur pada masyarakat ogan ilir. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan.
Iryani, Eva. (2017). Hukum Islam, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Revitalisasi kearifan lokal sebagai upaya penguatan indentitas keindonesiaan. Diunduh pada 19 Agustus 2019 dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1366
Mahmud. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nasikun. (2013). Sistem sosial Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Prodjohamidjojo. (2000). Martiman, Hukum Perkawinan Indonesia. Jakarta: Karya Gemilang.
Ranjabar, R. (2006). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. Hal: 115.
Rahim, H. (1998). Sistem Otoritas dan Administrasi Islam. Jakarta: Logos.
Ravico, R. (2015). Konflik elit politik di Kesultanan Palembang Darussalam tahun 1803-1821. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 15(2), 39–66.
Sabaruddin Sa. (2012). Lampung Pepadun dan saibati/ Pesisir. Buletin Waylima Manjau: Jakarta
Sulaksono, E (eds). (2013). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Pusat Studi dan Kajian Kebudayaan Jawa. Universitas Atmajaya.: Yogyakarta Press
Suryana. (2008). Upacara Adat Perkawinan Palembang. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.: Yogyakarta
Syawaludin, M. (2014). Analisis sosiologis terhadap sistem pergantian sultan di Kesultanan Palembang Darussalam. Intizar, 20(1), 139–161.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Utomo, B. B., Hanafiah, D., & Ambari, H. M. (2005). Perkembangan Kota Palembang dari Wanua Sriwijaya menuju Palembang modern. Palembang: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Daerah Kota Palembang.
Zamzami, L. (2015).Partisipasi Masyarakat Nelayan Dalam Pengembangan Budaya Wisata Bahari Di Kabupaten Agam. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya. Desember 2015 Vol. 17 (2): 131-144., https://doi.org/10.25077/jantro.v17.n2.p131-144.2015
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.